UJIAN PAI: A40 AKUNTANSI DAN A60 MATEMATIKA AKTUARIA

Hello! It's been 3 months since my last post. Saya sudah lama tidak update blog ini, karena persiapan untuk ujian PAI dan ujian akhir kuliah. Ya, saya menggunakan waktu sebanyak itu untuk belajar ujian PAI :') 

Pada bulan November lalu, saya mengikuti ujian PAI A40 Akuntansi dan A60 Matematika Aktuaria, yang bagi saya lumayan challenging. Hasil dari ujian ini memang belum diumumkan, namun saya mempunyai harapan yang besar untuk lulus kedua ujian ini. Saya belajar banyak hal baik dalam ilmu, emosi, dan disiplin, terutama membagi waktu antara belajar ujian A40, A60 dan mata kuliah semester yang sedang dijalani.



A40 - Akuntansi
Awalnya saya mengira akuntansi adalah akuntansi secara umum, ternyata akuntansi yang dimaksud di ujian ini lebih mengarah ke akuntansi dalam bidang asuransi, baik general insurance maupun health insurance. Banyak istilah-istilah yang kurang saya pahami pada awalnya. Saya secara pribadi lebih sulit memahami masalah teoritis dibandingkan dengan masalah matematis, jadi inilah yang membuat saya sulit untuk memahami ujian akuntansi ini. 

Beberapa tips dalam mempelajari ujian PAI A40 Akuntansi sbb:
  • Pahami terlebih dahulu dasar-dasar dari Akuntansi secara umum.
  • Pelajari PSAK (Perundang-Undangan Akuntansi di Indonesia) dengan teliti, karena soal-soal bagian PSAK sangat menjebak.

A60 - Matematika Aktuaria
Matematika Aktuaria yang dimaksud adalah pelajaran Matematika Asuransi Jiwa. Pelajaran ini  secara garis besar membahas tentang probabilitas kematian seseorang, sehingga kita bisa menentukan nilai dari suatu asuransi bagi orang tersebut. Saya menikmati pelajaran ini, karena soal-soal dari matematika aktuaria merupakan soal mengutak-atik rumus, oleh sebab itu kita harus mengetahui secara detail dari mana datangnya rumus tersebut. Dari pelajaran ini saya lebih memahami secara spesifik tentang aktuaria, yaitu dari bidang health insurance.

Tips dalam mempelajari ujian PAI A60 Matematika Aktuaria sbb:
  • Rumus-rumus sangat banyak, hafalkan rumus-rumus yang dianggap penting.
  • Soal-soal sangat bervariatif, pelajari lebih banyak soal.
  • Pelajari pelajaran ini secara bertahap, karena setiap bab saling berkaitan.
Inilah pengalaman saya mengenai ujian A40 dan A60, saya berharap semoga tips diatas bisa membantu anda dalam mengambil ujian PAI tersebut.

Apakah anda sudah mengambil ujian PAI diatas? Share your thoughts with me! Ceritakan pengalaman anda di comment box dibawah :D


Best Regards,

Earlitha

Comments

  1. kak, kakak pake bahan belajarnya apa buat persiapin ujiannya? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, dari buku referensi yang diberikan PAI dan soal-soal tahun sebelumnya :)

      Delete

Post a Comment

Popular Posts